Berbagai Kejadian Mistis di Tengah Proyek Tol Solo-Yogya, Ada Batu Enggak Bisa Dipindahkan

- Rabu, 24 Agustus 2022 | 19:00 WIB
Batu yoni berbentuk kepala kura-kura. (Z Creators/Eko Haryanto)
Batu yoni berbentuk kepala kura-kura. (Z Creators/Eko Haryanto)

Proyek pembangunan jalan Tol Solo-Yogyakarta kini tengah dikebut pengerjaanya. Salah satu wilayah yang dilewati proyek jalan tol ini adalah area persawahan di Desa Keprabon, Kecamatan Polanharjo, Klaten, Jawa Tengah.

Nah, ada yang unik dari pengerjaan proyek jalan tol di wilayah ini, yakni temuan batu yoni berkepala kura-kura dengan ukuran sekitar 80 cm. Batu yoni ini terletak persis di area pengerjaan proyek jalan tol.

-
Desa Keprabon, lokasi Tol Solo-Yogya. (Z Creators/Eko Haryanto)

Batu Yoni berkepala kura-kura ini merupakan peninggalan Kerajaan Mataram Kuno. Rencana pembangunan proyek jalan Tol Solo-Yogyakarta ini berubah ketika menemukan yoni berkepala kura-kura. 

-
Batu yoni berbentuk kepala kura-kura. (Z Creators/Eko Haryanto)

Dari yang awalnya jalan tol dibuat datar, namun karena adanya batu yoni terpaksa dibuat jalan layang. Alasannya batu yoni ini tidak boleh dipindahkan. Sehingga untuk mengakalinya dibuat jalur tol di atasnya. Enggak hanya itu, bagian atas yoni juga akan dibuat terbuka.

-
Batu yoni berbentuk kepala kura-kura. (Z Creators/Eko Haryanto)

Timbul, perangkat Desa Keprabon, menjelaskan bahwa dahulu sering ditemukan benda-benda bersejarah seperti batu berukir hingga batu bata berukuran besar di wilayahnya. Namun sekarang yang tersisa hanyalah yoni kura-kura ini.  

“Dulunya banyak benda-benda bersejarah tapi sekarang tinggal yoni ini saja,” ujar Timbul kepada Eko Haryanto, Tim Z Creators. 

-
Proyek Tol Solo-Yogyakarta. (Z Creators/Eko Haryanto)

Sebelumya di pagar, ada beberapa kejadian aneh di sekitar yoni kura-kura ini. Sering ada kendaraan berat yang tak sengaja lewat hampir menabrak yoni ini. Namun saat mendekati yoni ini tiba tiba kendaraan itu tiba-tiba berhenti. 

-
Batu yoni berbentuk kepala kura-kura dipagar. (Z Creators/Eko Haryanto)

Enggak hanya itu, setidaknya dua kali terjadi kendaraan berat jenis backhoe yang link track-nya putus saat hendak meratakan tanah di dekat yoni kura-kura ini. Para pekerja proyek kini sudah hafal betul dengan keberadaan yoni ini dan lebih berhati-hati saat melewatinya. 

Artikel menarik lainnya: 

Bikin cerita serumu dan dapatkan berbagai reward menarik! Let’s join Z Creators dengan klik di sini.

-
Z Creators

Editor: Yayan Supriyanto

Tags

Terkini

X